Komunikasi Politik dan Kebijakan Publik

Birokrasi Ideal Mendorong Kebijakan   Publik Berpihak Kepada Rakyat

Oleh : Dr.Eko Harry Susanto, M.Si

Disampaikan dalam  Seminar Nasional  STIA – YPIAMI ” KEBIJAKAN PUBLIK  BERBASIS KERJA NYATA”

di Puri Ayuda Resort, Cipayung, Bogor, 8-9 Oktober 2016

 

dsc05190-jpghij

Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. (Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik).

Lewis dan Gilman (2005:22), menandaskan, pelayanan publik merupakan kepercayaan masyarakat, karena itu harus  dilakukan  dengan kejujuran dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan etika pelayanan publik sebagai fondasi dalam mewujudkan pemerintahan  yang berpihak kepada rakyat.

Indikator Pelayanan Publik yang baik dan berpihak kepada Rakyat ada dalam Birokrasi Ideal, yang bekerja sesuai dengan kapasitas  dan bersifat tidak personal.

 

Referensi

Giddens, Anthony.1986. Capitalism And Social Modern Theory : An Analysis of Writing of Marx, Durkheim and Max Weber, terjemahan Soeheba Kramadibrata. Jakarta : Penerbit  UI Press

Lewis, Carol W., and Stuart C. Gilman. 2005. The Ethics Challenge in Publik Service: A Problem-Solving Guide. Market Street, San Fransisco: Jossey-Bass.

Melvin I. Urofsky .2001. “ Naskah Pertama, Pendahuluan : Prinsip – Prinsip Dasar Demokrasi” dalam Demokrasi. USIS : Jakarta

Myers, Michele Tolela and Gail E. Myers .1988.  Managing By Communication,  New York, New Newsey,  London, Mc. Graw Hill Int.  Book. Co

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia

http://www.wisegeek.com/what-is-public-policy.htm#didyouknowout, akses 1 September 2016

Susanto, Eko Harry.2016. Komunikasi dan Gerakan Perubahan : Kemajemukan Dalam Konstelasi Sosial, Ekonomi, Politik, Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media

Winarno,Budi.2004. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta. Media Pressindo

3kebijakan-publik-berbasis-kerja-nyata

 

img-20161009-wa0037

Explore posts in the same categories: Budaya, Ekonomi, Komunikasi, Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: