Komunikasi Massa

http://korankota.co.id/index.php/web/berita/NASIONAL/13347/jokowi-akan-setting-menteri-hadapi-media

 Jokowi Akan ‘Setting’ Menteri Hadapi Media

PEMERINTAH sedang menyiapkan aturan agar semua menteri dalam Kabinet Kerja tidak berjalan sendiri-sendiri dalam memberikan pernyataan kepada pers. Aturan ‘Agenda Setting’ itu akan dikeluarkan April 2015.

Menanggapi rencana itu, Komisi I DPR RI yang membidangi masalah komunikasi menilai, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tidak perlu mempersiapkan “agenda setting” agar semua menteri dalam Kabinet Kerja tidak berjalan sendiri-sendiri saat memberikan pernyataan pada media. Pasalnya, aturan tersebut justru akan menimbulkan anggapan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) takut dengan kebebasan pers di Indonesia.

“Nah itu dia (ancam kebebasan pers) yang perlu dieksplorasi. Agenda setting itu penyeragaman pandangan atau kanalisasi pernyataan. Saya menilai, dalam banyak isu, pernyataan Presiden atas satu permasalahan kurang panjang dan kurang dalam,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR, Tantowi Yahya, Jumat (6/3/2015).

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, pemerintah sedang menyiapkan aturan “agenda setting” yang akan dikeluarkan pada April 2015 kepada kementerian serta lembaga pemerintah agar semua menteri dalam Kabinet Kerja tidak berjalan sendiri-sendiri saat memberikan pernyataan kepada media. Hal itu juga dilakukan untuk menentukan arah pemberitaan mengenai kebijakan tertentu dan mengimbangi arah pemberitaan dari media.

Selain itu, “agenda setting” juga untuk membangun kepercayaan media kepada pemerintah sebagai sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Tujuannya, untuk memberikan pandangan lain kepada masyarakat agar mereka dapat melihat dari beberapa sisi.

Orde Baru

“Terlalu rumit bikin agenda setting dalam sistem presidensial kalau menteri-menteri doyan panggung. Sementara masyarakat juga melihat kantor kepresidenan tidak satu langkah dan suara dalam memberikan pernyataan kepada pers,” kata Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, pemerintah seharusnya belajar dari pemerintahan Orde Baru. Ketika itu, media tidak bebas mengkritik pemerintah yang berakibat masyarakat tidak utuh dalam mendapatkan informasi.

Mahfud mengungkapkan, solusi agar pernyataan pemerintah sejalan dengan apa yang diharapkan oleh media sebagai corong masyarakat, maka Presiden Jokowi harus menunjuk Juru Bicara (Jubir). Saat ini pernyataan presiden yang tidak utuh itu disampaikan oleh Seskab, Mensesneg maupun para Menteri Koordinator (Menko).  “Yang paling mudah presiden angkat Jubir, begitu juga menteri. Nah antar Jubir inilah yang rutin koordinasi,” ujarnya.

Tantowi juga sependapat soal jubir kepresidenan. “Pemerintah saat ini memang membutuhkan seorang (Jubir) yang mengelola informasi dan isu-isu yang ada,” jelas Tantowi.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, Jubir ini nantinya juga harus menjabarkan dengan baik kebijakan-kebijakan pemerintah dan menyampaikan kepada publik dengan baik pula.

Senada, pakar komunikasi politik dari Universitas Tarumanegara (Untar) Jakarta, Eko Harry Susanto mengatakan, sangat mustahil pemerintah bisa mengatur media karena hampir semua regulasi mengarah pada kebebasan pers dan independensi media.

“Kalau dia (pemerintah) mau memgeluarkan press release tentang kebijakan, belum tentu akan diwartakan oleh media. Jadi agenda pemerintah berbeda dengan agenda media yang memang sesuai opini publik yang berkembang di khalayak,” kata Eko.

Dia menambahkan, pemerintah tidak memiliki kekuatan untuk mengarahkan dan mengontrol media sebagai sub koordinat kekuasaan. Kalau pun ada, itu hanya media partisan yang tentunya tidak akan bertahan lama karena khalayak akan menilai.

“Jadi hakikatnya agenda setting yang dibuat pemerintah tidak akan berpengaruh terhadap dinamika dan kebebasan pers,” jelasnya. o lut

Explore posts in the same categories: Budaya, Komunikasi, Politik

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: