Komunikasi Pendidikan

http://www.indopos.co.id/2015/02/fh-untar-jadi-tuan-rumah-kompetisi-peradilan-tingkat-dunia-untuk-wilayah-indonesia.html

FH UNTAR Jadi Tuan Rumah Kompetisi Peradilan Tingkat Dunia Untuk Wilayah Indonesia

150210044100215--KAKI--Untar

Universitas Tarumanagara (UNTAR) kembali menyelenggarakan kompetisi tingkat dunia di bidang hukum. Kali ini, Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara (FH UNTAR) menjadi tuan rumah The Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition (Kompetisi Peradilan Tingkat Dunia) untuk wilayah Indonesia, hasil kerjasama dengan  ISIL (Indonesian Society of International Law) serta didukung International Law Students Association (ILSA) dan American Society of International Law (ASIL). .

Kompetisi  berlangsung dari tanggal 6-8 Februari 2015 bertempat di Kampus UNTAR, Jl. S Parman, Jakarta. Selanjutnya semi final serta final akan diselenggaran pada tanggal 15 Februari 2015 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta.

Kegiatan ini dibuka dengan Seminar Hukum Nasional bertema “Politik Internasional dan Konstitusi” dengan pembicara Hakim Mahkamah Konstitusi Dr. I Dewa Gede Palguna S.H,.M. Hum. dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D.

Masing-masing pembicara menyampaikan topik “Politik Internasional RI dalam konteks UUD 1945” dan ”Problematika Hak Untuk Memisahkan Diri (Right to Secession) Atas Dasar Hak untuk Menentukan Nasib Sendiri (Right to Self Determination) Berdasarkan UUD 1945”.

The Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition pertama kali dilaksanakan pada tahun 1959 dan diprakarsai oleh komunitas pelajar Hukum Internasional dari Harvard Law School, Columbia University, Yale University, dan University of Virginia.

Dalam perkembangannya, kompetisi ini menjadi ajang untuk mengasah kemampuan, menyusun skrip pembelaan dan/atau tuntutan (memorial), menguji kemampuan bersimulasi dalam konsep peradilan semu (oral pleading), dan memperdalam ilmu Hukum Internasional.

Kegiatan ini telah berhasil menggali potensi advokat-advokat muda dan melatih mental mahasiswa khususnya dalam tahap penyusunan memorial.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Eko Harry Susanto, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa UNTAR adalah universitas yang memiliki filosofi menghasilkan lulusan berjiwa professional dan kewirausahaan.

Terlebih penting dapat menjawab tantangan global dan lebih memiliki jiwa bersaing. Ajang kompetisi ini dapat menjadi salah satu pengalaman bagi mahasiswa kami untuk menjawab tantangan profesionalisme di kemudian hari.

“Kami tentunya sangat berbangga dapat terpilih menjadi tuan rumah untuk ajang internasional ini dan semoga ini akan semakin mengukuhkan langkah UNTAR untuk menjadi universitas yang unggul di tingkat regional.”imbuh Eko.

Peserta kompetisi ini diikuti oleh 15 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia diantaranya, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Tarumanagara.

Kompetisi akan terdiri dari dua babak, yaitu nasional dan internasional. Pada tahap pertama, peserta kompetisi akan memperebutkan juara nasional.

Tim yang berhasil menjadi juara nasional (the national round champion) dan juara kedua berkesempatan untuk melanjutkan ke babak internasional di Washington DC. Para juri terdiri atas akademisi, praktisi hukum dan pakar hukum yang berjumlah lebih dari 40 orang yang berasal dari dalam dan luar negeri. (dde)

 

UNTAR  Tuan Rumah Kompetisi Peradilan Semu Internasional

Jakarta, 6 Februari 2015 — Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara (FH UNTAR) menjadi tuan rumah The Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition untuk wilayah Indonesia.  Ajang ini merupakan salah satu kompetisi peradilan semu terbesar di dunia.  Kompetisi  akan berlangsung dari tanggal 6-8 Februari 2015 bertempat di Kampus UNTAR, Jl S. Parman, Jakarta. Kompetisi terlaksana hasil kerjasama antara  ISIL (Indonesian Society of International Law) dan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara serta didukung International Law Students Association (ILSA) dan American Society of International Law (ASIL).

DSC01870ghDikemukakan oleh Kepala PR Untar, Paula Anggarina, SE., MM, bahwaThe Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition akan dibuka dengan Seminar Hukum Nasional bertema Politik Internasional dan Konstitusi”,  dengan pembicara dari Mahkamah Kontitusi,  Dr. I Dewa Gede Palguna S.H,.M. Hum  dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan pengamat masalah Hukum Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.  Masing-masing pembicara akan menyampaikan topik  “Politik Internasional RI dalam Konteks UUD 1945” dan “Problematika Hak untuk Memisahkan Diri (Right to Secession) atas Dasar Hak untuk Menentukan Nasib Sendiri (Right to Self Determination) berdasarkan UUD 1945”.

Kompetisi akan terdiri dari dua babak, yaitu nasional dan internasional.  Pada tahap pertama, peserta kompetisi akan memperebutkan juara nasional. Tim yang berhasil menjadi juara nasional (the national round champion) dan juara kedua (the runner-up) berkesempatan untuk melanjutkan ke babak internasional di Washington D.C.  Para juri untuk acara lomba ini terdiri atas akademisi, prakitisi hukum dan pakar hukum yang berjumlah lebih dari 40 (empat puluh orang) yang berasal dari dalam dan luar negeri. (*)

 

Berita Terkait :

http://www.indopos.co.id/2015/02/fh-untar-jadi-tuan-rumah-kompetisi-peradilan-tingkat-dunia-untuk-wilayah-indonesia.html#sthash.3ONXCQ0j.dpuf

http://sinarharapan.co/news/read/150210045/fakultas-hukum-untar-tuan-rumah-kompetisi-peradilan-tingkat-dunia-

http://www.neraca.co.id/pendidikan/50571/Untar-Tuan-Rumah-Kompetisi-Peradilan-Semu-Dunia

http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt4f2bb0a89b2da/unpar-tuan-rumah-jessup-competition-2012

 

 

Explore posts in the same categories: Komunikasi, Pendidikan, Politik

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: