Komunikasi Kesehatan Unggas

Strategi Komunikasi Keamanan Produk Peternak untuk Perlindungan Konsumen

Oleh : Dr. Eko Harry Susanto

 

Disampaikan dalam Seminar Nasional Supply Chain Perunggasan Di Indonesia

Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) – Direktorat Jenderal Peternakan & Kesehatan Hewan – Poultry Indonesia

Peningkatan daya saing industri perunggasan dilakukan melalui pendekatan yang holistik (menyeluruh), komprehensif dan terintegrasi, tidak parsial dan tidak egosektoral. Supply Chain Management (SCM, merupakan koordinasi rantai-rantai pasokan (supply chain) mulai dari proses produksi, pengolahan, distribusi, pemasaran hingga konsumen akhir (baik restoran maupun rumah tangga).

ildex_seminar_coldcahin3

Keseluruhan proses produksi, dan distribusi harus sesuai dengan keinginannya konsumen. Produsen dapat memproduksi produknya dengan jumlah, kualitas, waktu dan lokasi yang tepat. Memasuki era reformasi komunikasi, konsumen sudah menuntut keamanan produk (safety attributes), atribut nutrisi (nutritional attributes), atribut nilai (value attributes), atribut pengepakan (package attributes), atribut lingkungan (ecolabel attributes) dan atribut kemanusiaan (humanistic attributes).

Oleh sebab itu, pemerintah sebagai pembuat regulasi bidang peternakan, dan produsen harus memenuhi tuntutan informasi tentang keamanan produk peternakan unggas di Indonesia. Untuk mendifusikan informasi seputar keamanan dan kesehatan unggas, maka harus dilakukan pola diseminasui informasi yang baik, sejalan dengan perspektif komunikasi yang berupaya untuk menciptakan pemahaman makna bersama, antara sender dan receiver. Dengan komunikasi beretika, maka komunikasi mampu membangun keserasaian hubungan antara pemerintah, produsen dan masyarakat sebagai konsumen produk ternak unggas yang sehat. (*)

5Strategi Komunikasi Peternakan

http://www.livestockreview.com/2013/10/kenali-sistem-supply-chain-perunggasan-di-indonesia/

Explore posts in the same categories: Budaya, Ekonomi, Komunikasi, Pendidikan

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: