Komunikasi Politik

http://www.seputar-indonesia.com/news/romahurmuziy-diminta-introspeksi.

(Harian Seputar Indonesia, Sabtu, 15 Desember 2012)

logo seputar indonesia sindo

Romahurmuziy Diminta Introspeksi

JAKARTA – Ulah Ketua Komisi IV DPR Romahurmuziy yang menyalahkan media massa, kalangan pengamat, dan sesama anggota DPR terkait terungkapnya perjalanan sejumlah anggota Komisi IV ke Prancis dan China menuai kecaman.

Wakil Sekjen DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut diingatkan agar tidak antikritik dan segera melakukan introspeksi. Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers Wina Armada Sukardi menyatakan, anggota DPR, apalagi seorang pimpinan komisi, seharusnya bersikap bijak dan tidak langsung menyalahkan media massa ketika kurang berkenan dengan suatu pemberitaan.

Terlebih, lanjut anggota Dewan Pers dari unsur masyarakat ini, pemberitaan tentang kunjungan kerja para wakil rakyat ke sejumlah negara diekspose oleh hampir seluruh media. “Apalagi sampai menuding ada upaya pembusukan DPR di balik maraknya berita tentang kunjungan kerja Dewan ke luar negeri.Ini namanya buruk muka cermin dibelah,” ucap mantan sekretaris jenderal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini. Menurut dia,wakil rakyat yang antikritik dan tidak mau mendengarkan suara rakyat adalah pelaku pembusukan dari dalam itu sendiri.

Dia juga mengingatkan, bila keberatan dengan pemberitaan soal kunjungan kerja, Romahurmuziy hendaknya menempuh mekanisme hak jawab.Apabila tidak puas juga, dia bisa mengadu ke Dewan Pers. Sebelumnya diberitakan, Romahurmuziy––yang biasa disapa Romy––menilai media massa dengan pemberitaan berisi pernyataan para pengamat sengaja mengesankan bahwa kunjungan kerja Komisi IV ke Prancis dan China sekadar jalan-jalan.

Dia menuding para redaktur media tidak paham persoalan.Romy juga menilai politisi yang mengkritisi kunjungan ke mancanegara di media massa hanya mencari panggung media. Romy menduga munculnya berita tentang kunjungan kerja DPR ke luar negeri menunjukkan ada tendensi penggiringan berita dan pembusukan DPR oleh pihak-pihak yang ingin menghancurkan parpol sebagai salah satu pilar demokrasi.

“ Pihak-pihak ini memanfaatkan media yang selalu menyajikan berita sensasional dan menggiring publik pada pemahaman yang menyesatkan,” kata Romy,Kamis (13/12). Seperti diketahui, serombongan anggota Komisi IV DPR terbang ke Prancis dan China sejak pekan pertama Desember 2012. Menurut Romy, mereka ke luar negeri untuk mencari referensi tambahan dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) revisi UU No 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Selain Komisi IV, sejumlah anggota Komisi VII DPR juga terbang ke Brasil dan AS terkait penyusunan RUU Keantariksaan dan Kedirgantaraan. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanegara Eko Harry Susanto mengatakan, tuduhan Romy bahwa media ikut dalam upaya pembusukan DPR patut disayangkan. Dia mengingatkan, fungsi media massa atau pers antara lain sebagai alat kontrol sosial.

“Jadi kalau Romahurmuziy punya bukti ada pembusukan DPR dan agenda menghancurkan parpol seperti yang diucapkannya, adukan saja ke Dewan Pers.Tunjukkan berita yang mana, apa medianya, mana buktinya. Jangan asal ngomong,”ucapnya. Wakil Ketua Indonesia Human Rights Committee for Social Justice (IHCS) Bidang Jaringan dan Politik Ridwan Darmawan menyatakan,tanpa berita di media massa, rakyat sebagai pembayar pajak tidak akan tahu sebagian uang yang telah mereka keluarkan dipakai untuk terbang ke mancanegara oleh para wakil rakyat.

“Bukan introspeksi,dia malah membela diri dan menyalahkan pihak lain,”sesalnya. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengaku sudah membahas lagi persoalan kunjungan kerja ke luar negeri dalam rapat pimpinan. “Yang dikritik publik bukan hanya transparansi dan urgensinya, melainkan juga ada anggota yang meninggalkan tugas yang tak kalah penting untuk kunjungan kerja,” kata Taufik. Dia sepakat dengan usulan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR M Prakosa bahwa pengajuan kunjungan ke mancanegara harus melalui BK terlebih dulu. rahmat sahid/ mohamm

Explore posts in the same categories: Komunikasi, Politik

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: