Strategi Komunikasi Kelompok

TEKNIK KOMUNIKSA EFEKTIF
(Strategi Interaktif dalam Keanekaragaman Masyarakat)

Komunikasi menciptakan kesepakatan , jika mampu menghilangkan sekat perbedaan yang terikat pada individu maupun kelompok
Kelompok seringkali diwarnai oleh etnosentrisme, yaitu kepercayaan bahwa adat, tindakan dan nilai-nilai budaya diri sendiri adalah yang paling baik (superior) dibandingkan dengan budaya lainnya
Masalah yang menghambat komunikasi antar kelompok, menurut Samovar, Porter dan Jain (1981 :192 -200) mencakup :
(1)Perbedaan tujuan berkomunikasi
(2)Etnosentrisme
(3)Ketidak percayaan (Lack of trust)
(4)Penarikan Diri (Withdrawl) dalam interaksi dan komunikasi,
(5)Ketiadaan empati.
(6)Stereotip (stereotypes)
(7)Jarak Kekuasaan
TEKNIK KOM.EFEKTIF

Explore posts in the same categories: Budaya, Ekonomi, Komunikasi, Pendidikan, Politik

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

3 Comments on “Strategi Komunikasi Kelompok”

  1. Yusuf Says:

    Mas saya mau tanya, tahu tentang teori mobilisasi tentang kampanye dari Steven J Rosebston dan John Mark Hansen..kira-kira ada di buku apa dengan judul apa..saya sedang mebikin tesis..mohon bantuanannya kalo mas tahu..trimakasih di kirim saja ke email saya yhartawan@yahoo.com.

    • ekoharrysusanto Says:

      Mas kalau, sorry , kalau saya pakai teori – teori lain, macam pemasaran sosial, terus buku – buku Propaganda Anakwa dan Salwen. JUga yang paling klasik ya Dan Nimmo, tapi ambil yang baru. Tapi nanti, jika saya ketemu bukunya, saya beritahu. Selamat membuat tesis.

    • ekoharrysusanto Says:

      Mas kalau, sorry , kalau saya pakai teori – teori lain, macam pemasaran sosial, terus buku – buku Propaganda Anakwa dan Salwen. JUga yang paling klasik ya Dan Nimmo, tapi ambil yang baru. Tapi nanti, jika saya ketemu bukunya, saya beritahu. Selamat membuat tesis.


Leave a Reply

