KOMUNIKASI MANUSIA :ESENSI DAN APLIKASI DALAM DINAMIKA SOSIAL EKONOMI POLITIK (PENERBIT MITRA WACANA MEDIA) – JAKARTA, FEBRUARI 2010

BUKU BARU

DAFTAR ISI

Kata Pengantar

BAB I. KOMUNIKASI MANUSIA 1
A. Esensi Komunikasi 1
B. Konteks Komunikasi 7
C. Teknologi Komunikasi 14
D. Komunikasi Efektif 15
E. Penelitian Dalam Komunikasi 17

BAB II. KOMUNIKASI POLITIK 20
A. Batasan Komunikasi Politik 20
B. Komunikasi Politik dan Pembangunan 28
C. Media Massa dan Kekuasaan Politik 35

BAB III. KOMUNIKASI POLITIK DAN GLOBALISASI 41
A. Konflik Antar Kelompok dan Opini Global 44
B. Ketergantungan Informasi 47
C. Marginalisasi Negara Dalam Opini Internasional. 51

BAB IV. TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL . 58
A. Dampak Teknologi Komunikasi 59
B.Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Teknologi Komunikasi 61
C.Teknologi Komunikasi : Sarana Menuju Globalisasi 64

BAB V. DINAMIKA PARTAI POLITIK 68

1.Kredibilitas Politik PDIP (Kompas, 10 Mei 2006) 68
2. Mempersiapkan Partai Lokal (Media Indonesia, 22 Februari 2006) 71
3. Target PAN Tahun 2009 (Seputar Indonesia, 2 Oktober 2006) 75
4. Marissa dan PDI-P 2009 (Seputar Indonesia, 23 Desember 2006) 77
5. Peran Oposisi Partai Moncong Putih (Koran Tempo, 12 April 2007) 79
6. Menduga Pemenang Pilkada Jakarta (Kompas, 03 Agustus 2007) 82
7. Menakar Megawati pada 2009 (Media Indonesia, 16 September 2007) 85
8. Tokoh Muda, Pemilih Muda dan Megawati (Seputar – Indonesia Sore, 05
April 2008) 88
9. Kabinet Bayangan Calon Presiden (Seputar-Indonesia Sore, 07 April 2008) 91
10. Menimbang Pasangan Mega – Sultan (Suara Pembaruan, 20 Januari 2009) 94
11. Duet Megawati – Jusuf Kalla (Kompas, 18 Maret 2009) 97
12. Menduga Pasangan Presiden 2009 (Suara Pembaruan, 01 April 2009) 100
13. Koalisi Pasca Kemenangan Demokrat (Media Indonesia, 14 April 2009) 103
14. Menduga Arah Partai Golkar (Media Indonesia, 14 Mei 2009) 107

BAB VI. KOMUNIKASI POLITIK DAN KEKUASAAN 111

15.Deputi Khusus Pancasila Lemhannas (Kompas, 27 Juni 2006) 111
16.Standar Informasi Gempa (Harian Seputar Indonesia, 31 Juli 2006) 113
17. Kemandirian Penasehat Presiden (Harian Seputar Indonesia, 26 Oktober
2006) 116
18. Komunikasi Di Wilayah Konflik (Suara Pembaruan, 30 Januari 2007) 119
19. Lee Kuan Yew dan Demokrasi (Suara Pembaruan, 27 Juli 2007) 122
20.Program Instan Kompor Gas (Seputar Indonesia, 20 September 2007) 125

BAB VII. TRANSPARANSI INFORMASI DAN KORUPSI 129

21. RUU Informasi dan Pemberantasan Korupsi (Harian Seputar Indonesia, 21
Maret 206) 129
22. RUU Rahasia Negara dan Pelembagaan Anti Kritik (Harian Seputar
Indonesia, 22 Agustus 2006) 132
23.Meneropong Korupsi di Legislatif (Media Indonesia, 15 November 2006) 134
24. Melahirkan Bibit Pemberantasan Korupsi (Jurnal Nasional, 14 April 2007)
137
25.RUU KMIP dan Kultur Keterbukaan (Suara Pembaruan, 17 Juni 2007) 139
26.Keterbukaan Informasi BUMN (Suara Pembaruan, 09 Oktober 2007) 142
27. Keterbukaan Informasi dan FOIA (Media Indonesia, 17 Oktober 2007) 145
28.Keterbukaan Informasi dan Pemberantasan Korupsi (Seputar Indonesia Sore,
19 Oktober 2009) 147
29.Birokrasi Informasi dan Korupsi (Suara Karya, 14 Januari 2008) 150
30.Perkecualian Informasi RUU KIP dan Potensi Alam 154
31.Rahasia Negara, Korupsi dan Komisi Informasi (Media Indonesia, 21
Agustus 2008) 157
32.Rahasia Negara, KPK dan Komisi Informasi (Suara Pembaruan, 14 November
2008) 160
33. Rahasia Negara dan Keterbukaan Informasi (Pikiran Rakyat, 27 Februari
2009) 162
34. Demokratisasi Informasi dan Transaksi Elektronik (Media Indonesia, 1 April
2009) 164

BAB VIII. IKLAN POLITIK DAN PENCITRAAN 168

35.Membaca Hasil Jajak Pendapat (Kompas, 9 Agustus 2005) 168
36. Iklan Puas Diri Mendagri (Kompas, 22 Desember 2005) 171
37. Sentimen Anti Amerika (Ringkasan tulisan, dimuat di Harian Seputar
Indonesia, 14 April 2006) 175
38. ”Polling” Pilkada dalam RUU Pemilu (Suara Pembaruan, 5 Oktober 2006)
182
39.Iklan Politik (Suara Pembaruan, 07 Oktober 2008) 185
40. Pluralisme dan Retorika Politik (Kompas, 31 Maret 2009) 179

41. Jajak Pendapat dan Kampanye Terselubung (Suara Pembaruan, 8 Juli 2009)
191

BAB IX. KEBEBASAN INFORMASI DAN POLITIK LOKAL 195

42. Marginalisasi Politik Pedesaan (Media Indonesia, 2 Maret 2006) 195
43. Tranparansi Politik Kepala Desa (Seputar Indonesia, 28 April 2006) 198
44. ExxonMobil : Harapan Masyarakat Desa (Seputar Indonesia, 18 Mei 2006)
201
45.Bunuh Diri Korban Gempa (Kompas, 15 Juni 2006) 203
46. Revitalisasi (Politik) Pertanian (Seputar Indonesia, 12 September 2006) 205
47. Plus Minus Calon Independen (Suara Karya, Rabu, 20 Agustus 2008) 208
48. Rating dan Integrasi Nasional (Bisnis Indonesia, 06 Februari 2009) 211

Daftar Pustaka 215
Biodata Penulis 223

Explore posts in the same categories: Budaya, Ekonomi, Komunikasi, Pendidikan, Politik

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

3 Comments on “KOMUNIKASI MANUSIA :ESENSI DAN APLIKASI DALAM DINAMIKA SOSIAL EKONOMI POLITIK (PENERBIT MITRA WACANA MEDIA) – JAKARTA, FEBRUARI 2010”

  1. rizki Says:

    bagaimana cara memesan atau membeli buku ini?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: